Layanan Sistem Informasi dari PT Kereta Api Indonesia

    Sebelumnya penulis telah merilis artikel tentang ITSM dan ITIL pada PT Kereta Api Indonesia disini. Di artikel kali ini penulis akan membahas layanan dari perusahaan tersebut yang berbasis website yaitu https://www.kai.id. Mari kita ulik lebih dalam mengenai website tersebut.



    Seperti yang sudah penulis informasikan bahwa di zaman teknologi seperti sekarang kita tidak perlu ribet dalam memesan tiket kereta api. Dengan adanya website untuk pemesanan tiket,berpergian keluar kota menggunakkan kereta api sangat mudah dan asik hanya dengan mengakses website yang disediakan KAI atau gunakan aplikasi KAI Access atau bahkan dari platform lain para pembaca sudah bisa memesan tiket dengan mudah. Disini penulis akan membahas lebih dalam fitur - fitur yang tersedia di website Kereta Api Indonesia yang tidak hanya digunakan untuk pemesanan tiket,melainkan fitur yang berisi informasi untuk para penumpang.



    Saat pertama kali mengakses website kai.id,para pembaca akan disuguhkan dengan tampilan awal seperti gambar diatas. Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh tentang cara pembelian tiket di website tersebut,mari kita bahas empat menu yang terdapat di pojok kanan atas terlebih dahulu.

1. Menu Beranda
    Menu ini jika pembaca klik akan mengalihkan/mengembalikan pembaca ke menu utama seperti saat pertama kali akses website tersebut.

2. Menu Layanan
    Apabila pembaca mengarahkan kursor ke arah Layanan maka akan muncul tiga sub menu tambahan yaitu Angkutan Penumpang, Angkutan Barang dan Pengusahaan Aset.


    Jika pembaca mengarahkan kursor ke arah masing - masing sub menu akan menampilkan informasi tiap menu tersebut. Seperti contoh disini penulis mencoba melihat informasi dari angkutan penumpang,seperti inilah tampilannya : 


    Masing - masing layanan memiliki informasi tersendiri seperti Angkutan Penumpang dan Angkutan Barang memiliki layanan tentang info produk,syarat & ketentuan yang berlaku untuk penumpang dan angkutan barang serta chanel pemesanan dan info kerja sama. Untuk layanan terakhir yaitu Pengusahaan Aset adalah tempat untuk pembaca melakukan kerja sama dengan pihak Kereta Api Indonesia. 

3. Menu PreOrder
    Menu ini berfungsi untuk memesan makanan secara online,jika pembaca meng-klik sub menu "Meals" maka akan dialihkan ke website lain yang bernama https://preorder.reska.co.id/pemesanan. Disana pembaca bisa memesan makanan secara online dengan memasukkan kode booking,rangkaian kereta,nomor kursi dan juga nomor telefon,lalu tunggu hingga prama/prami datang menghampiri pembaca. Fitur ini tidak hanya terdapat di website KAI melainkan juga terdapat di aplikasi KAI Access yang pastinya sudah sangat memanjakan para pembaca ketika melakukan perjalanan menggunakkan kereta api.

4. Menu Akun
    Menu Akun adalah menu terakhir yang tersedia di website ini. Bagi pembaca yang ingin login,membuat akun ataupun lupa password dapat menggunakkan menu ini untuk melakukan aktivitas tersebut.


   Seperti yang pembaca tahu,PT Kereta Api Indonesia juga memiliki beberapa anak perusahaan seperti KAI Service(2003),KAI Bandara(2006),KAI Commuter(2008), dan lain sebagainya. Di website ini juga terdapat fitur yang memudahkan pembaca dalam mengakses anak - anak perusahaan tersebut. Jika pembaca scroll ke bawah maka akan ada fitur yang menyambungkan ke website anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia dengan cara di klik. Lalu pembaca juga dapat melihat - lihat sosial media KAI,Informasi lebih lanjut tentang KAI dan juga tentang Kontak KAI.


    Lalu bagaimana sih caranya memesan tiket di https://www.kai.id ?
1. Yang pastinya buka terlebih dahulu website KAI,lalu pergi ke sebelah kiri tempat pemesanan tiket. Tentukan Stasiun Asal,Stasiun Tujuan,Tanggal Keberangkatan,Jumlah Orang Dewasa dan Jumlah anak yang berusia kurang dari tiga tahun seperti yang penulis contohkan.


2. Lalu pembaca akan diarahkan ke form baru untuk memilih jenis kereta,jam keberangkatan(mengikuti jam keberangkatan kereta/tidak bisa memesan jam keberangkatan sendiri) dan memilih harga yang diinginkan. Jika sudah menentukan jenis kereta,jam keberangkatan dan harga yang cocok silahkan klik "Pesan"


3. Setelah klik "Pesan" akan dihadapkan dengan pilihan login atau pesan tanpa daftar. Disini penulis akan melakukan pemesanan tanpa daftar.


4. Lalu masukkan data diri dengan lengkap dan benar. Jangan lupa untuk menceklis syarat dan ketentuan yang ada di bawah.


5. Pastikan kembali data yang dimasukkan sudah benar sebelum melakukan pembayaran,di tahap ini pembaca juga bisa mengubah letak kursi.


6. Tahap terakhir adalah dengan melakukan pembayaran sesuai harga yang tertera dengan metode pembayaran yang telah tersedia.

7. Selesai dan untuk mengecek kode booking bisa kembali ke website KAI. Di bawah menu pemesanan tiket terdapat fitur cek kode booking.



    Sebagai informasi tambahan bahwa KAI Access sudah dirilis/diluncurkan sejak 8 tahun lalu (rilis pada tahun 2014) yang dapat diunduh/didownload di PlayStore dan AppStore. Sampai November 2021 kemarin,sudah mempunyai pengguna sebanyak 5.758.294 user dan mungkin akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

    Sekian artikel tentang layanan sistem informasi dari PT KAI,semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel - artikel selanjutnya! :))



Referensi : 




 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Login Form Tanpa Database dengan NetBeans

Penerapan ITSM pada Twitter,Inc.