Penerapan ITSM pada Twitter,Inc.

    Belakangan ini sedang ramai pembicaraan mengenai Elon Musk yang membeli Twitter seharga $44 Milyar atau jika dirupiahkan sekitar Rp 633 Triliun. Jadi sebenarnya,apa sih Twitter itu? Kenapa bisa dibeli dengan harga yang terbilang sangat fantastis? Mari kita bahas tentang Twitter lebih jauh terutama tentang contoh penerapan Information Technology Service Management (ITSM) dari perusahaan tersebut .


    Kita mulai dari sejarah singkat dari Twitter terlebih dahulu. Media sosial yang identik dengan logo burung biru yang bernama Larry ini didirikan pada tanggal 21 Maret 2006 oleh Jack Dorsey dan tiga teman lainnya. Semenjak diluncurkan,Twitter menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan bahkan pada saat itu jumlah kicauan(sebutan untuk postingan) bisa mencapai 20.000 kicauan per harinya.Di tahun 2007,The Telegraph,media terkenal di Inggris mencatat ada sebanyak 400.000 kicauan yang di upload setiap hari. Lalu pada tahun 2011 tercatat ada 140 juta kicauan/twit yang diupload di Twitter per harinya,tetapi pertumbuhan Twitter mulai melambat di tahun 2014 yang mana di tahun tersebut sudah mulai bermunculan media - media sosial lain seperti Facebook,Instagram,Path dan lain - lain. Di awal tahun 2020 pertumbuhan Twitter semakin membaik,terdapat pelonjakan pengguna yang aktif atau bisa disebut peningkatan pengguna sebesar 24 persen. 

    Setelah mengetahui tentang Twitter,kita masuk ke pembahasan tentang contoh penerapan ITSM dari media sosial ini yaitu dari segi ITIL nya.

    Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu ITIL itu apa. Jadi ITIL atau IT Infrastructure Library adalah sebuah kerangka kerja yang sudah dirancang untuk menstandarkan perencanaan serta pemeliharaan layanan yang berbasis IT di dalam bisnis. ITIL sendiri tentunya memiliki tujuan yaitu,untuk meningkatkan kepraktisan dan melakukan pelayanan yang telah diprediksi serta direncanakan perusahaan. ITIL sendiri memiliki lima domain/sistem utama. Disini penulis hanya akan menyinggung tiga sistem utama yaitu : 

1. Service Strategy (Strategi Layanan)
    Strategi layanan yang tersedia di Twitter adalah Twitter dibuat berdasarkan pemikiran tentang layanan semacam mengirimkan pesan/SMS kepada grup. Kita semua tahu bahwa di zaman teknologi seperti sekarang penggunaan mobile meningkat drastis. Maka dari itu,Twitter tidak hanya bisa diakses melalui website melainkan juga terdapat aplikasi di mobile. Dengan adanya aplikasi Twitter di mobile,para pengguna pastinya akan merasakan kemudahan dalam mengakses media sosial ini. Tanpa harus membuka browser terlebih dahulu lalu membuka website Twitter menggunakkan URL yang cukup menyulitkan pengguna.

    Di Twitter terdapat sebuah fitur menarik yang tersedia di setiap akun para penggunanya yaitu grafik aktivitas. Twitter merupakan media sosial yang penggunanya tidak hanya untuk bersenang - senang,melainkan juga tempat/sarana yang digunakan untuk mencari penghasilan seperti berbisnis. Grafik aktivitas ini sangat berguna untuk pengguna yang melakukan bisnis di Twitter sehingga bisa melihat statistik impresi pembaca,siapa saja yang mengunjungi profil dan lain - lain yang pastinya membantu aktivitas bisnis. 




2. Service Design (Desain Layanan)
    Desain layanan yang sudah diimplementasikan oleh Twitter adalah dengan adanya aplikasi serta Twitter yang memiliki tampilan sederhana tetapi memiliki kesan modern dan tidak kaku. Twitter sendiri menyediakan dua tampilan yaitu Dark and Light,bagi pembaca yang suka dengan tampilan putih terang bisa gunakan tampilan Light sedangkan yang lebih suka dengan tampilan gelap dan tidak silau dimata bisa menggunakkan tampilan Dark.

    Sama seperti media sosial lainnya,Twitter juga menerapkan sistem algoritma yaitu jika kita sering "like/love" sebuah postingan maka postingan yang mirip atau serupa akan selalu muncul berdasarkan topik. Seperti contohnya kita sering menyukai postingan dari penyanyi,maka akan dengan sendirinya muncul twit/cuitan yang berdasarkan topik tentang musik. Atau jika kita sering menyukai postingan dari politikus,maka algoritma akan membaca dan memunculkan cuitan yang berbau politik. Lalu terdapat juga fitur yang sangat berguna yang mengandalkan personalisasi/algoritma yaitu tentang topik yang sedang trending/sering dibahas di Twitter. Fitur ini bisa kita filter berdasarkan topik yang sedang ramai dibahas di Dunia/negara tertentu ataupun difilter berdasarkan apa yang direkomendasikan untuk kita.
Seperti contoh dibawah yang sedang membahas topik ekonomi dan trends yang direkomendasikan untuk pengguna:





3. Service Transition (Transisi Layanan)
    Awalnya Twitter tidak seperti sekarang yang basisnya mengunduh sebuah aplikasi di smartphone atau mengakses website di browser. Dulu sistem di Twitter bisa mengunggah cuitan via SMS tetapi karena berkembangnya teknologi,sekarang media sosial ini dapat diunduh di smartphone dan jika ingin mengunggah cuitan bisa dilakukan dengan mudah. Sebetulnya sistem ini cukup berguna bagi pengguna yang tidak mendapatkan akses internet karena dapat dengan mudah mengunggah cuitan via SMS. Namun,sayangnya sistem ini dihilangkan dari Twitter demi keamanan para penggunanya. Jadi sekarang Twitter hanya bisa diakses dari website dan aplikasi di mobile saja.


    Itu saja yang penulis bisa bahas pada artikel kali ini,terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel yang penulis tulis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!! :))




Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Login Form Tanpa Database dengan NetBeans

Layanan Sistem Informasi dari PT Kereta Api Indonesia